Tim Ekonomi Syariah Kembali Meraih Juara dalam Islamic Economy Olympiad IAI Tazkia

Tim Ekonomi Syariah Kembali Meraih Juara dalam Islamic Economy Olympiad IAI Tazkia

Ahad, 12 Mei 2024, Tim Ekonomi Syariah Al Bayan Putri berhasil meraih Juara 2 dalam event Islamic Economy Olympiad tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh KSEI Progres di Institut Agama Islam Tazkia.  Event ini bertujuan untuk menguji tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa di tingkat SMA mengenai ilmu Ekonomi Islam dengan baik.

Event ini juga mengajak para siswa di seluruh Indonesia agar berperan aktif dalam upaya mendakwahkan dan menegakkan Ekonomi Islam sebagai solusi dari permasalahan perekonomian global dengan sajian yang lebih edukatif. Dengan membangun daya kritis para siswa melalui teori fundamental Ekonomi Islam yang dikemas melalui rangkaian olimpiade yang inovatif dan kompetitif, diharapkan dapat menanamkan semangat para siswa untuk senantiasa berlomba-lomba dalam hal kebaikan.

Pada babak penyisihan setiap anggota tim diminta mengerjakan soal sebanyak 50 soal dalam waktu 60 menit secara individu, kemudian diakumulasikan menjadi nilai tim. Di babak ini, 3 Tim Al Bayan Putri berhasil meraih posisi 1, 4, dan 5, sehingga ketiga tim berhasil lolos ke babak Semi Final.

Mekanisme perlombaan pada babak semifinal adalah LCC (Lomba Cepat Tepat). 10 tim yang lolos ke babak Semi Final dibagi menjadi 3 putaran. Setiap putaran terdapat 3 (tiga) sesi, yaitu sesi soal pemerataan, rebuatan esai, dan rebutan benar salah. 1 Tim Al Bayan Putri berhasil menempati posisi pertama di putaran kedua, sedangkan 2 tim lainnya  menempati posisi kedua di putaran pertama dan ketiga.

Tim terbaik dari setiap putaran berlanjut ke babak final. Pada babak ini diberikan soal studi kasus. Setiap tim diberikan waktu 10 menit untuk mempresentasikan solusi dari studi kasus yang diberikan dan 10 menit menjawab pertanyaan dari Juri.

Alhamdulillah, meskipun masih kelas X, tim Ekonomi Syariah Al Bayan Putri berhasil meraih Juara 2 dalam kompetisi kali ini. Selamat kami ucapkan kepada Ananda:

 

  1. Khadijah Hasya (Kelas X IPS)
  2. Fairuz Aleyda (Kelas X IPA 1)
  3. Jasmine Raniah (Kelas X IPA 2)
  • Bagikan:

Galeri dan Dokumentasi